The Use of Community Language Learning (CLL) Method to Increase the Students’ Participation in Classroom Conversation

Siti Nurhasanah

Abstract


Community Language Learning (CLL) merupakan metode pengajaran bahasa yang melibatkan aspek psikologi dimana peserta didik ikut bekerja sama dalam mengembangkan keahlian berbahasa yang ingin mereka pelajari. Metode ini pertama kali dikembangkan oleh Charles A. Curran dan asosiasinya yang disebut teori Counseling-Learning. Ada pula yang menyebut bahwa metode ini merupakan pendekatan humanisme. Pengajarnya seolah-olah bertindak sebagai konselor dan peserta didiknya sebagai klien. Selanjutnya penulis juga menggunakan metode CLL untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kelas Speaking di Program Khusus Kelas Internasional (KKI) IAIN Salatiga Tahun Akademik 2013/2014 angkatan 2013. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penulis sebagai peneliti dan ditemani oleh satu orang sebagai pengamat. Untuk mengetahui peningkatan partisipasi mahasiswa di kelas tersebut, peneliti mengadakan pretes dan postes dalam 2 siklus. Masing-masing siklus berisi perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan tidak hanya pada partisipasi percakapan bahasa Inggris mereka tetapi juga motivasi belajar mereka. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan rata-rata nilai dari pretes ke postes baik di siklus 1 hingga di siklus 2.


Keywords


Community Language Learning, Method, Classroom Action Research, Language, Participation

Full Text:

PDF

References


Richards, J.C. (1986). Approaches and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Lado R. (1961). Language Teaching. New York.

Branen, J. (1993), Mixing Methods :Qualitative and Quantitative Research. Avenbury: England.

La Forge, P.G. (1975). Research Profiles with Community Language Learning. Apple River, III.: Apple River Press.

Brown, H. D. (1987). Principles of language learning and teaching. Englewood Cliffs, New Jersey, Prentice Hall

Moskowitz, G. (1978). Caring and Sharing in the Foreign Language Class. Rowley, Mass.: Newbury House.

Stevick, E.W. (1980). Teaching Languages: A Way and Ways. Rowley, Mass.: Newbury House.

Septiani, E.. (2010). What is Community Language Learning. Accessed from

http://tanpopofight.blogspot.com/2010/05/what-is-community-language-learning.html on Saturday at 04.05

Rhalmi, M. (2009). Accessed from http://www.myenglishpages.com/blog/community-language-learning/ on Monday, March 13, 2014 at 12.09 pm

Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology. New York: Practice

Hall.

Elliot, J. (1991). Action Research for Educational Change. Buckingham,

Philadelphia: Open University Press.




DOI: https://doi.org/10.18326/rgt.v8i1.81-98

Refbacks





Copyright (c) 2015

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

In the aim of improving the quality of the Journal since 19th October 2016 this journal officially had made cooperation with ELITE Association Indonesia (The association of Teachers of English Linguistics, Literature & Education). See The MoU Manuscript.